Profil Peserta Euro 2020: Tim nasional Swiss

Barcadoslivros.org – Tim nasional Swiss sempat membuat surprise di babak group Piala Dunia 2018. Serta peluang banyak, team berjulukan La Nati itu akan lakukan hal sama di panggung Euro 2020 di musim panas kelak.

Di tempat Piala Dunia 2018 tempo hari, Swiss terhimpun di Group E bersama-sama Brasil, Serbia, serta Kosta Rika. Mereka jelas jadi diantara favorit yang mampu maju ke set 16 banyak bila lihat formasi group itu.

Tim nasional Swiss

Tetapi kejutannya bukan disana. Yang membuat publik kaget ialah bagaimana mereka bermain menantang Brasil di minggu pertama babak group. Di luar sangkaan, Swiss sukses meredam seimbang Selecao dengan score 1-1.

Pengalaman itu membuat publik percaya jika Swiss dapat memunculkan surprise di tempat Euro 2020 kelak. Ditambah lagi, mereka tiba dengan posisi puncak klassemen Group D. Perjalanan mereka termasuk lumayan bagus dengan perolehan lima kemenangan dari delapan laga.

Pelatih: Vladimir Petkovic

Seperti umumnya pelatih yang lain, Vladimir Petkovic juga dahulunya sempat berkarier untuk pemain sepak bola profesional. Tetapi dia belum pernah bela satu club dengan waktu yang panjang.

Nama Petkovic juga, kemungkinan, terdengar asing di telinga beberapa banyak pencinta sepak bola. Bagaimana tidak,  dia semakin sering habiskan saatnya di Bosnia serta Swiss daripada menguatkan club banyak Eropa.

Petkovic mengawali karier pelatihannya dengan cara prematur. Di tahun 1997, dia dipilih untuk pelatih Bellinzona saat dengan status pemain di club yang sama. Dia beralih ke sering club hingga kemudian datang di Lazio di musim 2012/2013. Di club itu, dia memperoleh diantara piala yang dapat dibanggakan sampai saat ini yaitu Coppa Italia.

Setelah dari Lazio, Petkovic terima pinangan dari Tim nasional Swiss. Aksinya dapat disebutkan bagus sebab sampai sekarang, dia belum juga merasai pengalaman dikeluarkan. Bagaimana tidak, dia mempunyai terlibat banyak yang membuat Swiss dipandang seperti team kuda hitam beresiko di kejuaraan dunia.

Mesti diketahui jika sejak kehadiran Petkovic, Swiss sukses jadi diantara peserta reguler di set 16 banyak dengan dua pertandingan yang lain. Euro 2016 serta Piala Dunia 2018.

 

Pemain Kunci: Xherdan Shaqiri

Tidak dapat dimungkiri jika Xherdan Shaqiri sekarang jadi pemain utama di Tim nasional Swiss sekarang. Semenjak masuk dengan scuad di tahun 2010 lalu, namanya hampir belum pernah tergeser dari Tim nasional Swiss.

CV Shaqiri kemungkinan kelihatan semakin keren dibanding pemain Swiss lainnya. Mesti diketahui jika pria berumur 28 tahun itu pernah menguatkan tiga raksasa Eropa, yaitu Bayern Munchen, Inter Milan, serta timnya saat ini, Liverpool.

Shaqiri bukan hanya jadi figuran di ke-3 club itu. Dia ialah pemain masih. Kemungkinan dengan masalah Liverpool dia tidak dapat dikatakan sebagai pemain utama, tetapi di musim pertamanya dia dapat mencatatkan keseluruhan 30 performa di beberapa tempat. Tidak itu saja, dia sering menolong the Reds mencetak kemenangan penting dengan golnya.

Untuk musim ini sendiri, Shaqiri cuma cetak 1 gol yang terbentuk di pertandingan kontra Everton di bulan Desember 2019 tempo hari. Gol itu membuat Liverpool menang dengan score mutlak 5-2.

Ya, Shaqiri hanya mencatat keseluruhan 10 performa di semua tempat musim ini. Tetapi kurangnya peluang tampil itu karena dianya sering terkena luka. Mesti diketahui jika Shaqiri pernah alami luka semasa dua bulan serta melepaskan delapan pertandingan.

 

Jalan Swiss Ke arah Euro 2020

Seperti yang sudah disampaikan situs jadwal pertandingan bola, Swiss lolos ke tempat Euro 2020 dengan posisi juara Group D. Mesti diketahui jika mereka sukses melewati team yang di atas kertas lebih bagus dari mereka, yaitu Tim nasional Denmark.

Kompetisinya termasuk lumayan ketat. Swiss pimpin klassemen dengan koleksi 17 point yang didapat dari lima kemenangan serta dua hasil seimbang. Sesaat Denmark ada di rangking ke-2 dengan beda satu point saja.

Kecuali Denmark, Swiss terhimpun dengan tiga negara yang lain layaknya Republik Irlandia, Georgia, serta Gibraltar. Lihat formasnyai, Swiss memang semenjak awal telah difavoritkan untuk maju ke Euro 2020.

Kunci dari kesuksesan Swiss ialah potensi mereka mencetak kemenangan walau tidak dapat cetak sering gol. Untuk info, pencapaian gol Swiss di selama set kwalifikasi kalah jauh dari Denmark.

Antara ke-4 negara itu, La Tina cuma mencetak kemenangan banyak waktu berjumpa Gibraltar. Mereka sukses cetak keseluruhan 10 gol ke gawang negara itu serta cuma kecolongan sekali saja. Sesaat di pertandingan yang lain, Swiss tidak sempat cetak gol semakin dari dua.

  • 23/3/2019 Georgia 0-2 Swiss
  • 27/3/2019 Swiss 3-3 Denmark
  • 5/9/2019 Republik Irlandia 1-1 Swiss
  • 8/9/2019 Swiss 4-0 Gibraltar
  • 12/10/2019 Denmark 1-0 Swiss
  • 15/10/2019 Swiss 2-0 Republik Irlandia
  • 15/11/2019 Swiss 1-0 Georgia
  • 18/11/2019 Gibraltar 1-6 Swiss

 

Jadwal Tim nasional Swiss di Euro 2020

Dengan tempat Euro 2020, Swiss terhimpun dengan Group A dengan formasi team yang lumayan berat. Kecuali mereka, ada pula Wales, Turki, serta Italia yang menjadi diantara calon terkuat juara.

Peluang mereka untuk maju ke set 16 banyak termasuk kecil. Di atas kertas, Swiss dipercaya akan kesusahan mendulang tiga point dari Turki. Belum juga bila mereka disandingkan dengan Italia yang punyai riwayat keren di panggung internasional.

Sangat tidak, mereka punyai peluang untuk lakukan ‘pemanasan’. Swiss mampu bertemu dengan Wales di pertandingan pertama, selanjutnya hadapi Italia di laga selanjutnya, lalu berjumpa Turki di pertandingan terakhir.

Berikut jadwal komplet Swiss di Group A Euro 2020:

  • Sabtu, 13 Juni 2020 Wales versus Turki di Olympic Arena, Baku
  • Rabu, 17 Juni 2020 Italia versus Swiss di Stadio Olimpico, Roma
  • Minggu, 21 Juni 2020 Swiss versus Turki di Olympic Arena, Baku